Kedai Ngapak

Wew, udah lama ngga posting yah? Sekarang waktu nemplok sama kasur aja jadi limited edition banget, ngeliat laptop juga bawaannya pengen nyetel city hunter bukannya nulis (kyaa..kyaaa.. lee min hoo kyaaa!). Apalagi sekarang grey's anatomy sama HIMYM udah nongol lagi, makin berdebu aja ini blog.

Long story shorted, saya dan seorang temen sedang kangen sama masakan banyumas dan banjarnegara, di mana dulu soto sokaraja, tempe mendoan, sama dawet itu bisa dilahap 3x sehari, so akhirnya kita berkunjung ke kedai ngapak, suatu tempat makan yang menyajikan aneka menu daerah ngapak. Si kedai ngapak ini berlokasi di jalan selokan mataram no.27 b pringgolayan. Selokan mataram yang daerah seturan ya, bukan yang jalan kaliurang. Tempatnya ini lumayan menonjol dengan warna merah dan hitamnya. Si kedai ngapak ini juga bener-bener memaksimalkan lahannya dengan membangun spot makan 3 lantai dari kayu.

Waktu itu kami memesan soto sokaraja daging (Rp 9.000), ayam bakar ngapak (Rp10.000), dan tempe mendoan (Rp 5.000). Lho, dawetnya mana? Begini. Berhubung kami lagi mengencangkan ikat pinggang jadi minuman yang kami pesan adalah air putih (free!) hohoho. Soto sokarajanya cukup enak, dengan khas bumbu kacang dan kerupuk pink ngejrengnya. Dalam soto juga sudah ada ketupat. Soto sokaraja ini tersedia pilihan daging ayam, babat, sapi, atau campur dengan range harga Rp 7.000-Rp 9.000. Untuk ayam bakarnya juga enak, rasanya pedes manis gitu, sudah termasuk nasi putihnya juga. Sedangkan untuk tempe mendoannya juga enak dan lebar, seporsi ada 4 lembar tempe, sayangnya berminyak banget ya (kaya tempe mendoan pada umumnya) jadi sebelum dilahap harus diguling-gulingin di tissue dulu. Kedai ngapak ini emang mengobati 'kangennya' kita ke masakan banyumas sama banjarnegara, tapi tentu aja, yang asli daerah sana masih lebih cihuy, hehehe.



 soto sokaraja daging

 ayam bakar ngapak

 tempe mendoan

air putih gratisaaan!


0 blabs:

Post a Comment