Heritage Cafe

Akhirnya, saya jadi juga menyambangi heritage cafe setelah kepengen sejak lama dan selalu gagal. Beberapa kali saya mendengar tentang si heritage dari berbagai media, semua dengan embel-embel 'cafe sehat' atau 'semua makanan dari tempe'. Penasaran juga kan? Makanan olahan dari tempe tuh kabarnya kaya cordon bleu, steak, macaroni schotel, dll.

Heritage cafe terletak di jalan surokarsan no.24. Kalau dari jembatan layang lempuyangan kamu terus saja, belok-belok sedikit sampai ke arah tamansiswa (tau kan? tau laah), dari penjara dan pegadaian tamansiswa (selatan pom bensin) terus sedikit sampai ketemu belokan ke kanan, belok deh, itu udah jalan surokarsan, ngga jauh dari belokan dan ada di kiri jalan, itulah letak si heritage. Tempatnya cukup sederhana, hanya rumah tua yang sedikit dimodifikasi layoutnya. Heritage cafe ini juga ada batik store kecil lho, ada beberapa kemeja batik, tas batik, dan gelang-gelang unik. Ternyata ini cafe bukanya jam 12.00, tadi saya datang jam 11.30 dan menunggu beberapa menit supaya tempat dan pelayannya siap. Jam 11.45 si mas pelayan sudah siap mengambil pesanan saya (huhu, maaf ya mas, kerjanya jadi 15 menit lebih awal deh). Siang ini saya memesan tempe cordon bleu, tempe mendoan, dan es krim kopyor single scoop dengan extra topping bubuk oreo. Minumnya? Ada air putih gratisan, hehehe. Eh tapi gelasnya mini amet bo! Pesanan saya yang pertama datang adalah si es krim, rasanya enak dan entah kenapa cukup familiar di mulut. Berhubung hari lumayan panas, saya langsung menandaskan si es krim dalam kurang dari 5 menit. Pesanan yang kedua datang adalah si tempe mendoan dan sebentar kemudian langsung muncul si cordon bleu. Yaah, padahal tadinya mendoan buat cemilan nunggu cordon bleu. Alhasil baru selembar mendoan saya ambil (ada 7-8 lembar tempe mendoan), sudah saya putuskan untuk take-home, lumayan, cemilaaan. Tempe cordon bleu disajikan bersama mashed potato, potongan brokoli, potongan wortel, dan tentunya saus mayonaisse. Rasa cordon bleunya benar-benar terasa ketempeannya (halah, bahasanya). Walaupun seperti cordon bleu umumnya juga ada smoked beef dan mayonaisse, tempe tetap mendominasi. Rasanya cukup enak dan yang penting unik, pokoknya ada sesuatu yang barulah! Sayurannya juga segar, sayangnya menurut saya rasa mashed potatonya masih sedikit plain dan teksturnya kasar, menurut saya lhoo. Untuk tempe mendoan rasanya enak juga, apalagi disajikan hangat-hangat, sayangnya kurang gurih, bumbunya kurang kental begitu. Setelah menghabiskan pesanan (dan bilang mendoannya mau dibungkus aja) sayapun langsung membayar (bagian paling ngga suka dari makan, hehe). Rp 11.000 untuk tempe cordon bleu, Rp 3.500 untuk tempe mendoan, dan Rp 7.000 untuk es krim kopyor single scoop. Cukup murah meriah dan yang penting unik. Oh iya, ini tempat buka mulai jam 12.00 sampai jam 23.00.

Menu yang tersedia:
- menu serba tempe (Rp 3.500 - Rp 11.000): mendoan, burger tempe, steak tempe, tempe cordon bleu, sop sayur bakso tempe, dll
- menu lain (Rp 7.000 - Rp 8.000): onion ring, french fries
- minuman (Rp 2.000 - Rp 11.000): tea, wedang uwuh, cappucino, dll
- ice cream (Rp 7.000 - Rp 12.500): coklat, vanilla, kopyor, strawberry, rumraisin.. With free extra topping: oreo, saus coklat, peanut
 




 tempe cordon bleu

 tempe mendoan


 es krim kopyor single scoop extra topping bubuk oreo

 air putih gratisan (tapi mungil)

 suasana heritage cafe

mengapa makan tempe?

0 blabs:

Post a Comment