Kedai Steamboat

Hujan yang akhir-akhir ini rajin mengguyur jogja memang membuat badan males bergerak dan mood pengen makan yang anget-anget. Malam ini di saat hujan sedang deras-derasnya, saya dan pacar berburu salah satu makanan anget yaitu steamboat di Kedai Steamboat. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No.70 Ngampilan ini memang terbilang cukup nyempil. Tempatnya sederhana dan tidak besar, hanya ada 4 meja untuk tamu, masing-masing meja cukup untuk 3-4 orang. Menu yang disediakan juga tidak banyak tapi cukup menggugah selera terutama di waktu dingin seperti malam ini. Menu utamanya tentu saja steamboat seperti judul tempatnya, tapi ada juga tomyam dan udon (sejenis mie jepang, cuma mienya gendut). Malam ini saya dan pacar memesan steamboat special yang harusnya berisi sayuran, daging sapi, daging ayam, seafood, dan bihun, tetapi karena pacar ngga mau seafood, akhirnya kita minta steamboat special tapi tanpa seafood seperti cumi, udang, dkk tapi pake bakso ikan (bingung kan?). Oh iya, untuk steamboat dan tomyam ada 2 macam paket, yaitu paket A dan B, hanya beda di jumlah porsi dan harga saja. Untuk steamboat special ini kami memesan yang paket B seharga Rp 22.500. Kami juga memesan nasi putih paket A (ada paket B juga, cuma beda porsi sama harga) seharga Rp 2.000/mangkok. Untuk tambahan, si pacar juga memesan udon ayam original seharga Rp 7.000. Untuk udon ada 2 macam, yaitu rasa original dan asam pedas. Untuk minumnya kami memesan jus apel dan jus mangga, keduanya tanpa es, masing-masing seharga Rp 4.000. Yang pertama kali datang adalah minumannya, jusnya rasanya enak dan buahnya kental terasa (bukan cuma air doang). Kemudian menyusul datang si steamboat dalam panci berdiameter 16 cm, steamboatnya sudah dimasukkan ke panci, kami tinggal menunggu matang saja. Kemudian datang lagi si udon ayam original yang langsung dinikmati pacar yang sudah kelaparan dan ngga sabar menunggu steamboatnya mateng. Rasa udonnya enak dan gurih. Setelah sekitar 7 menit, steamboat kami pun matang dan si mas pelayan mengangkat tutup pancinya. Steamboat special kami berisi potongan daging ayam, potongan daging sapi, bakso ikan, potongan tempura, bihun, sawi, selada, dan wortel. Rasanya enak, segar, dan hangat! Buat yang suka pedes bisa menambahkan sambel kecap yang disediakan di sini. Tapi menurut saya pribadi porsinya (walaupun yang paket B) tidak terlalu besar, apalagi kalau sedang kelaperan banget, untunglah ada udon tambahan. Pasnya sih mungkin 2 paket B untuk bertiga kali yaa? Cukup recommended apalagi kalau lagi hujan atau dingin. Kedai steamboat buka setiap hari mulai jam 10.00 - 22.00, tapi khusus hari jumat bukanya mulai jam 13.00.

Menu yang tersedia:
- steamboat (Rp 13.500 - Rp 22.500): ayam, sapi, bakso, special, seafood
- nasi putih (Rp 2.000 - Rp 2.500): paket A dan paket B
- tomyam (Rp 13.500 - Rp 25.000): ayam, bakso, sapi, seafood, special
- udon (Rp 7.000 - Rp 14.500): bakso, ayam, sapi, seafood, special
- minuman (Rp 500 - Rp 6.000): aneka juice, teh, milo, dll

 tampak luar panci steamboat

 steamboat special saat masih mentah dan dimasak


 steamboat special saat matang dan siap disantap

 steamboat special dalam mangkok saya: bihun, bakso ikan, tempura, daging ayam, daging sapi, wortel, dll

 nasi putih paket A

 peralatan makan steamboat

 sambal kecap

 udon ayam original

 jus apel dan jus mangga

 penampakan dalam kedai steamboat

 menunggu makanan datang :D

penampakan luar kedai steamboat













Ancer-ancer menuju kedai steamboat:
- dari tugu 0 km jogja terus saja ke arah barat sampai bertemu lampu merah di perempatan besar, belok ke kiri
- melewati polsek/polres/pokoknya kantor polisi bumijo terus saja ke arah kanan atas, ambil jalan yang turunan di bawah jembatan dan ada lampu merahnya
- dari lampu merah itu teruuusss saja di jalan letjen suprapto sampai kira-kira 500 meter, nanti di kanan jalan kamu lihat k-link yang menyala-nyala, nah, si kedai steamboat ada di ruko seberang k-link alias di kiri jalan, sedikit nyempil dan berwarna hijau. Selamat mencari!

 

0 blabs:

Post a Comment