Bandeng Bakar Juwana

Kemarin waktu saya dan pacar tercinta lewat jakal atas kita melihat sebuah spot makan bernama bandeng bakar juwana. Lumayan penasaran sih, soalnya seingat kita bandeng juwana itu kan bandeng yang enak dari semarang itu dan ngga ada tempat makannya, ini kok bentuknya semacam mini resto gitu ya? Baiklah, niat untuk nyoba besoknya (alias hari ini) karena kemarin kita mau kunjungan keluarga.

Bandeng bakar juwana terletak di jalan kaliurang km 8.3, sekitar seberang PLN dan ada di barat jalan. Spotnya lumayan luas dan ada lesehannya juga. Menunya hanya ada bandeng tapi pengolahannya lumayan variatif. Malam itu saya memesan bandeng crispy dan pacar memesan bandeng bakar, tak lupa masing-masing memesan seporsi nasi putih. Untuk minumannya saya memesan jeruk anget dan pacar memesan es carica. Pesanan pacar datang lebih dulu dari saya, udah diwanti-wanti si mbak sih kalo pesanan saya agak lama, tapi ya ngga lama juga cuma sekitar 20 menit kok. Bandeng bakar si pacar disajikan dengan potongan timun dan sayuran lain dan sambel merah mentah. Bandengnya enak dan empuk juga grilled well. Sambelnya juga enak dan rasa pedesnya mantep kata si pacar. Berikutnya bandeng crispy saya datang, rupanya untuk bandeng crispy ini terdiri dari 2 ekor bandeng dan tak lupa potongan timun, sayuran lain, dan sambel merah mateng. Bandeng crispy-nya enak, panirnya pas dan dalam bandengnya juga matengnya pas. Sambel merah mateng saya diembat si pacar dan katanya juga enak, cuma pedesan sambel mentahnya katanya. Masih lapar, kami kemudian beralih ke ronde 2: seporsi bakso bandeng kuah dan 2 porsi tahu bandeng, menggila yah, hahaha. Untuk bakso bandengnya rasanya mirip-mirip tekwan, enak juga kok. Tahu bandeng itu mirip sama tahu bakso, tapi daging baksonya dari bandeng gitu, bisa dimakan sama cabe hijau. Oh iya, untuk jeruk angetnya saya suka banget, manisnya pas dan bukan manis gula, tapi manis si jeruknya. Es carica pacar juga enak, mirip sama mangga cuma lebih lembut. Overall kami puas dan berniat mencoba pepes bandeng dan garang asem bandeng, next time, not tonight, hehe.

Menu yang tersedia:
- bandeng bakar (Rp 10.000)
- bandeng crispy (Rp 10.000)
- bandeng garang asem (Rp 10.000)
- bandeng pepes (Rp 6.000)
- bakso bandeng (Rp 7.000)
- tahu bandeng (Rp 3.000)
- nasi putih (Rp 3.000)
- minuman (Rp 1.500 - Rp 7.500): teh, jeruk, es carica, dll

 bandeng bakar

 bandeng crispy

 nasi putih

 bakso bandeng

 tahu bandeng

 jeruk anget

 es carica

suasana bandeng bakar juwana

















Extra review!!

Setelah mencoba nasi pecel yang oke punya di SGPC madiun, sepasang merpati rakus ini langsung mampir ke bandeng bakar juwana yang cuma beberapa ratus meter di selatan si SGPC madiun. Apa yang kita pesan? Cuma bandeng bakar (Rp 10.000), bandeng pepes (Rp 6.000), 1 nasi putih (Rp 3.000), es carica (Rp 7.500). Eh itu ngga 'cuma' ya? Hehehe. Semuanya enak! Sayangnya bandeng pepesnya diselimuti cabe semua, warna merah menyala gitu, walaupun begitu menurut saya ngga pedes-pedes banget. Pedes sih, tapi ambang pedes saya kan rendah, jadi mungkin buat orang lain ngga gitu pedes. Berhubung bandeng bakarnya udah pernah difoto (di atas), jadi sekarang foto bandeng pepesnya ya.

bandeng bakar (kiri), nasi putih (tengah), dan bandeng pepes (kanan)

bandeng pepes masih berselimut
 
bandeng pepes sudah telanjang
 

0 blabs:

Post a Comment