Warung Bu Tini

Setelah semalaman kelaparan sampai ketiduran dan pagi ini bangun kesiangan (kelewatan solat subuh, maaf ya Allah, ayas tebus pake dhuha ya Allah) saya akhirnya memutuskan mencari sarapan yang kelihatannya mengenyangkan. Pilihan jatuh ke Warung Bu Tini yang menjual empal gentong, soto sulung, dll. Katanya sih seporsi penuh empal gentongnya bisa buat 2-3 orang, mari kita buktikan!

Warung Bu Tini terletak di jalan monjali 63 B, persis depan naga sakti motor dan ke utara sedikit dari k24 monjali, tempatnya ada di timur jalan. Warung Bu Tini buka dari jam 07.30 - 20.30. Menu yang tersedia (dan yang populer) antara lain adalah empal gentong. Langsung saja saya memesan seporsi empal gentong penuh, nasi putih, dan kunir asem anget (tadinya mau beras kencur, cuma katanya stoknya kosong). Pesanan datang tak lama kemudian, dan first impression saya adalah: katanya bisa buat 2-3 orang, kok mungil? Tapi ternyata dagingnya banyak kok, dan dagingnya true meat yang maksudnya adalah ngga banyak gajihnya begituuu. Saya langsung memeras beberapa jeruk nipis dan mencoba si empal gentong, hmm.. enaak. Overall, menurut saya lumayan recommended, tapi kok porsinya mungil ya, padahal kata beberapa orang sangat mengenyangkan? Ya beda perut beda pendapat ya tho? Buat yang belum tau empal gentong itu apa, empal gentong bukan berarti empal goreng/gepuk yang disajikan dalam gentong lho yaa.. menurut saya sih sedikit mirip dengan soto sulung, cuma soto sulung kuahnya lebih bening. Satu lagi, kunir asemnya enaaaaaak, rempahnya terasa banget dan rasanya pas!

Menu yang tersedia:
- empal gentong daging (Rp 6.000 - Rp 9.000): porsi sedang dan porsi penuh
- soto sulung daging (Rp 6.000 - Rp 9.000): porsi sedang dan porsi penuh
- soto sulung jeroan (Rp 5.000 - Rp 8.000): porsi sedang dan porsi penuh
- selat racik solo (Rp 10.000)
- rawon daging (Rp 6.000 - Rp 9.000): porsi sedang dan porsi penuh
- nasi putih (Rp 2.000)
- minuman (Rp 1.500 - Rp 4.000): teh, jeruk, beras kencur, kunir asem, soft drink, dll



 empal gentong

 nasi putih (mungil ya? apa cuma perasaan saja?)

 jeruk nipis dan sambel (yang tentunya ngga tersentuh sama sekali!)

 kunir asem anget

 warung bu tini persis di seberang naga sakti motor


suasana warung bu tini















 Extra review!!

Akhirnya saya bisa membuat si pacar penasaran dengan si empal gentong, haha, dan akhirnya tanggal 11 mei 2011 kami meluncur ke sana untuk makan malam. Kami memesan 2 porsi empal gentong penuh (sedeng mah cuma ngelitikin perut doang), es beras kencur, dan es kunir asem. Tak lupa juga memesan 2 porsi nasi putih. Makanan kami cepat datangnya dan langsung kami santap. Rasanya seenak yang saya ingat tapi porsinya juga seimut yang saya ingat, huhu. Pacar juga cepat sekali menghabiskan empal gentongnya dan dia mesen lagi soto sulung daging porsi penuh! Sama nasi putih juga! Katanya sih buat berdua, tapi kenyataannya 90% dia dan 10% saya, hehe. Soto sulungnya enak dan rasanya hampir mirip dengan si empal gentong, cuma lebih seger dan kuahnya lebih bening.


soto sulung daging
















Extra review!!

Malam ini saya dan pacar kembali mengunjungi warung bu tini untuk makan malam. Pesanan pacar adalah soto sulung daging porsi penuh (iya dong) dan pesanan saya adalah rawon daging porsi penuh. Untuk minumnya pacar memesan lemon tea anget dan saya jeruk anget. Untuk soto sulung daging udah dibahas di atas yaa.. Untuk rawonnya? Rasanya enak, dagingnya juga banyak, disajikan dengan taoge, ketimun, dan sambel (of course ngga saya sentuh sama sekali). Kuahnya juga enak, sayangnya kok menurut saya sedikit kemanisan? Entah karena gaya jogja atau karena lidah saya yang sedang flu (wish me get well soon!). Tapi overall enak dan kami puas kok. Oh iya, harga rawon daging porsi penuh Rp 9.000, lemon tea Rp 3.000, dan jeruk anget Rp 2.000.



 rawon daging porsi penuh

 lemon tea anget dan jeruk anget


 

2 blabs:

jogjagluttony said...

wah pengen nyoba ini. belum pernah nyoba empal gentong.

eh, udah pernah nyobain Loving Hut yang di Mozes? deketnya Tio Ciu, Nanamia dll. Itu enak lho nasi rames nya, sayur nya enak2. nasi+sayur 3 macem Rp6000. katanya sih organik+ga pake MSG. ga tau deh

May 12, 2011 at 2:13 PM
Laras Prabandini Sasongko said...

cobain mas, enak kok, soto sulungnya juga enak, lebih seger!

loving hut aku nyobanya yang di amplaz dulu (haha), sama ngga sih?

May 12, 2011 at 6:22 PM

Post a Comment